Gejala Asam Urat yang Harus Anda Waspadai

05.28

Asam urat merupakan penyakit yang sangat mengganggu ketika muncul tiba-tiba. Gejala asam urat bisa muncul setiap waktu dan di mana saja, untuk itu anda perlu menjaga kadar asam urat di tubuh agar tidak naik terutama pada orang-orang yang sudah lanjut usia.

Gejala Asam Urat yang Harus Anda Waspadai

Penyakit asam urat perlu penanganan lebih lanjut agar tidak memicu komplikasi yang bisa membahayakan tubuh. Penyebab  asam urat bisa karena banyak hal. Agar ketika penyakit asam urat kambuh Anda bisa melakukan perawatan perlu untuk mengenali gejalanya. Simak berikut ini!

 Terjadi Pembengkakan

Gejala yang umum terjadi pada seseorang yang menderita asam urat yaitu terjadinya pembengkakan. Pembengkakan ini terjadi disekitar sendi. Adapun yang menyebabkan pembengkakan biasanya karena jaringan pelapis sendi sinovial umum mengalami bengkak. pembengkakan juga terjadi karena penyebab lainnya yaitu meningkatnya volume cairan pelumas sendi ketika terjadi peradangan. Bahkan pada tahap ini bisa saja penderita asam urat tidak mampu bergerak secara leluasa lagi.

Terasa Nyeri Sendi

Gejala asam urat lainnya juga bisa terlihat dari nyeri sendi yang sangat tidak tertahankan. Nyeri ini biasanya muncul dari kristal urat yang ada di sendi. Kristal urat tersebut akibat dari kondisi asam urat yang terlalu tinggi pada darah seseorang. Biasanya bagian yang paling sakit adalah jempol kaki yang diakibatkan asam urat.

Ketika seseorang mengalami nyeri sendi tak tertahankan ini akan merasakan perkembangan gejala lebih cepat pada jam pertama. Nyeri tersebut biasanya berlangsung hingga 10 hari dan paling sering terjadi ketika malam hari.

Terasa Panas Pada Sendi

Apa ciri-ciri asam urat? Setelah terasa nyeri maka selanjutnya terjadi juga terasa panas di bagian persendian. Gejala panas pada sendi ini bisa saja menyerang segala usia baik kalangan muda maupun lansia.  Sendi yang terasa panas akibat dari efek peradangan akibat kristal yang terbentuk di sendi-sendi anda.

Warna Kulit yang Memerah

Pembengkakan yang terjadi biasanya juga disertai dengan warna kulit yang mulai memerah. Ini karena aliran darah meningkat pada bagian yang mengalami peradangan tersebut sehingga berubahnya warna merah pada kulit bisa terjadi.

Muncul Benjolan

Ketika seseorang terlambat untuk mengobati penyakit asam urat atau bisa dibilang asam uratnya sudah kronis maka akan muncul benjolan keras yang disebut tophi. Tophi ini bisa berkembang di bagian persendian dan kulit serta jaringan lunak yang mengelilinginya.

Benjolan ini bisa merusak sendi-sendi cara permanen, jadi sebelum muncul benjolan tersebut sebaiknya langsung obati asam urat dengan cara yang tepat.

Penangan Pada Gejala Asam Urat Yang Terjadi

Mencegah Asam Urat 

Asam urat adalah penyakit yang cukup berbahaya, sebaiknya, sebelum  asam urat kembali muncul Anda disarankan untuk banyak minum air putih. Setiap hari sebaiknya seseorang yang menderita asam urat harus meminum minimal 2 hingga 4 liter air mineral. Seseorang yang menderita asam urat juga tidak boleh mengkonsumsi alkohol dan tetap menjaga berat badan agar stabil jangan sampai naik terlalu tinggi. Berat badan yang naik bisa memicu asam urat naik juga.

Check Up Di Klinik yang Tepat

Anda juga harus melakukan check up secara  rutin ke klinik yang tepat. Anda bisa memilih Klinik Liderlab untuk melakukan cek asam urat.

Halodoc akan membantu anda untuk terhubung dengan klinik tersebut dan membuat janji dengan para dokter yang ada di sana. Halodoc memang sangat membantu orang-orang untuk terhubung dengan klinik, rumah sakit dan para dokter ahli. Platform ini juga merupakan aplikasi kesehatan untuk keluarga Indonesia banyak sekali informasi kesehatan yang terdapat di sana dan bisa anda kunjungi melalui handphone atau PC.

Demikian beberapa gejala asam urat yang harus anda ketahui agar sebaiknya bisa melakukan penanganan tepat ketika gejala tersebut muncul. Jangan membiarkan penyakit asam urat sebelum terjadi komplikasi yang bisa membahayakan kesehatan dan jiwa anda.

0 komentar